Abstract:
Penelitian ini memaparkan keterampilan peserta didik dalam menulis puisi berdasarkan cerpen “Nyanyian Tanpa Nyanyian” karya Dewi Alfianti. Kualitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan dan dengan metode deskriptif. Dengan digunakannya metode tersebut, dapat diperoleh data dari proses pekerjaan siswa membaca cerpen untuk menyajikan tulisan yang berupa puisi. Pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan tes. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan menulis puisi peserta didik berdasarkan cerpen tersebut ialah berkembang dengan baik. Ditinjau dari perolehan skor sebanyak 78,96%, perolehan nilai rata-rata 80 dari nilai maksimal 100. Hal tersebut membuktikan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIIE SMPN 24 Banjarmasin berdasarkan cerpen “Nyanyian Tanpa Nyanyian” Karya Dewi Alfianti dapat dikatakan mampu dan terampil.
Kata kunci: keterampilan, menulis puisi, dan cerpen