Abstract:
Pendidik dituntut memiliki perangkat yang membantu proses belajar mengajar agar tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik dan tepat. LKPD yaitu alat belajar yang memuat beragam aktivitas yang berhubungan dengan pilihan strategi pembelajaran yang menyatu di dalam keseluruhan proses pembelajaran. Dibutuhkan LKPD yang menarik minat dan menunjang permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari agar peserta didik dapat mengimplementasikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD menggunakan wizer.me pada materi penyajian data berkonteks kawasan lahan basah yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas VII D di SMPN 2 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan yaitu validasi yang dilakukan oleh tiga orang ahli terdiri dari dua orang ahli materi dan satu orang ahli media, untuk penilaian kepraktisan dilakukan oleh satu orang guru dan 32 peserta didik, serta untuk penilaian keefektifan dilihat dari nilai 32 peserta didik. Hasil LKPD yang telah divalidasi lalu dikembangkan dengan memenuhi kriteria valid, hasil kepraktisan memenuhi kriteria praktis dan hasil keefektifan memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka dihasikan LKPD menggunakan wizer.me pada materi penyajian data berkonteks kawasan lahan basah yang valid, praktis dan efektif. Dengan demikian LKPD ini dapat digunakan dalam pembelajaran penyajian data SMP/Sederajat.