Abstract:
ABSTRAK
Emilia,Riski.2022. Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Komitmen Kerja Guru,Dan Disiplin Kerja Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Kecamatan Haur Gading. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M. Pd., Ph. D (2) Dr. H. Muhyani Rizalie, M.Si.
Kata Kunci : Kepemimpinan Instruksional, Komitmen Kerja, Disiplin Kerja, Prestasi Belajar Siwa
Penelitian ini untuk menganalisis hubungan kepemimpinan instruksional kepala sekolah, komitmen kerja guru dan disiplin kerja guru dengan prestasi belajar siswa di SDN kecamatan Haur Gading.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini dari seluruh guru SDN se-Kecamatan Haur Gading dengan jumlah guru 95 orang, dan hasil perhitungan sampel sebanyak 77 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang disebarluaskan secara kepada sampel. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, analisis jalur dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Window Version 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara: (1) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 0,368, (2) komitmen kerja terhadap prestasi belajar sebesar 0,369, (3) disiplin kerja terhadap prestasi belajar sebesar 0,241, (4) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap komitmen kerja sebesar 0,698, (5) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap disiplin kerja sebesar 0,542, (6) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap prestasi belajar melalui komitmen kerja sebesar 0,241,(7) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap prestasi belajar melalui disiplin kerja sebesar 0,122.
Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini dapat disarankan beberapa hal seperti:
(1)Guru sebagai pendidik hendaknya lebih aktif sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar, (2) Kepala sekolah hendaknya senantiasa memberikan arahan positif sehingga bisa meningkatkan komitmen dan disiplin kerja guru dalam bekerja, (3) lembaga pendidikan hendaknya memberi kesempatan para guru untuk mengembangkan diri, (4) penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai rujukan dan referensi untuk melakukan penelitian yang masih berkaitan.