Abstract:
Model pembelajaran kooperatif jenis STAD dapat meningkatkan minat, motivasi, serta hasil
belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama yaitu mengetahui pelaksanaan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD, kedua mengetahui hasil belajar peserta didik setelah penggunaan model
pembelajaran kooperatif jenis STAD, dan ketiga mengetahui apakah terdapat kendala selama
penggunaan model pembelajaran kooperatif jenis STAD mata pelajaran IPS kelas VIII kelompok
belajar paket B di PKBM Tunas Melati Kecamatan Pelaihari. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian pre-experimental dengan pendekatan kuantitatif yang berbentuk desain studi kasus bentuk
tunggal. Peneliti melakukan uji validitas dengan menggunakan rumus indeks, dan uji hipotesisnya
menggunakan rumus n-gain ternormalisasi. Tahapan pelaksanaan model pembelajarannya ada 6:
penyampaian tujuan dan motivasi, membagi kelompok, penyampaian dari guru, proses belajar dalam
kelompok, kuis, dan penghargaan prestasi kelompok. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh nilai
µg = 0,35, itu artinya µg > 0,3 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan model
pembelajaran kooperatif jenis STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan tidak
ditemukan kendala yang begitu berpengaruh selama penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Penggunaan, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar