Abstract:
ABSTRAK
Ahmadiyanto. 2022. Hubungan Antara Kepemimpinan Instruksional, Komitmen Kerja Guru dan Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Balangan. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M. Pd., Ph. D (II) Dr. Hj. Mahrita.
Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional, Komitmen Kerja, Kinerja Guru, Kepuasan Kerja
Kinerja guru adalah suatu prestasi kerja atau hasil kerja seseorang berdasarkan kualitas yang dicapainya dalam melaksanakan tanggung jawab yang diterima. Kinerja guru adalah faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan. Faktor yang memengaruhi kinerja guru antara lain: kepemimpinan instruksional kepala sekolah, komitmen kerja guru dan kepuasan kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah, komitmen kerja guru dan kinerja guru melalui kepuasan kerja guru SMP Negeri di Kabupaten Balangan.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini dari seluruh guru Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kabupaten Balangan dengan jumlah guru 276 orang dan hasil perhitungan sampel sebanyak 163 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang disebarluaskan kepada sampel. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, analisis jalur dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Window Version 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara: (1) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,441, (2) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,572, (3) komitmen kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 0,767, (4) komitmen kerja guru terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,438, (5) kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 0,374, (6) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja guru sebesar 0,214,(7) komitmen kerja guru terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja guru sebesar 0,164.
Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini dapat disarankan beberapa hal seperti: (1) Guru sebagai pendidik hendaknya lebih aktif sebagai upaya meningkatkan kinerja guru, (2) Kepala sekolah hendaknya senantiasa memberikan arahan positif sehingga bisa meningkatkan kepuasan kerja dan kinerja guru dalam bekerja, (3) lembaga pendidikan hendaknya memberi kesempatan para guru untuk mengembangkan diri, (4) penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai referensi untuk melaksanakan penelitian yang masih berkaitan.