Abstract:
Aldi Maulana Akbar, (1710414610001), 2022. Analisis Isi Kreatif Pesan iklan Harbolnas versi “Harga Sakit Jiwa” Toko Online Bukalapak. Dibawah bimbingan Ibu Atika Rusli dan Ibu Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.
Alasan pentingnya peneltian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana kreatif pesan iklan yang terkandung dalam iklan harbolnas bukalapak versi harga sakit jiwa. Unit analisis dalam penelitian ini adalah iklan harbolnas bukalapak versi harga sakit jiwa.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pesan kreatif iklan dalam iklan Harbolnas versi “harga sakit jiwa” toko online Bukalapak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian analisis isi deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, studi pustaka, & studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan tahapan, reduksi data, penyajian data & penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian menunjukan keseluruhan scene dalam iklan Harbolnas versi harga sakit jiwa dari Bukalapak mempunyai pandangan dan pesan kreatif iklan, hal ini dipengaruhi bagaimana pencipta merumuskan pesan agar sesuai dengan audiens atau konsumen yang ditargetkan Bukalapak. Berdasarkan analisis menggunakan ROI (Relevance, Originality, & Impact) oleh William, Burnett, Moriarty, penelitian ini menemukan bahwa keseluruhan scene dalam iklan Harbolnas very harga sakit jiwa memiliki arti dan pesan bagi audiens target (Relevance). Semua scene dalam iklan Harbolnas versi harga sakit jiwa juga memiliki kriteria (Originalitas), pesan iklan menunjukan hal-hal visual dan konsep iklan yang segar, tidak terduga dan tidak umum. Impact, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan 7 scene memiliki impact atau dampak pada akhir dari sebuah pesan iklan. Impact yang mewakili dari keseluruhan scene pada iklan ini adalah menghibur & informatif