Abstract:
ABSTRAK
Huda, Dami. 2022. Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah, Komitmen Kerja dan Motivasi terhadap Disiplin Kerja Guru MIN di Kabupaten Balangan. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj Aslamiah, M.Pd, Ph.D, (2) Dr. H. A. Muhyani Rizalie,M.Si.
Kata Kunci: Keterampilan Manajerial, Komitmen Kerja, Motivasi, Disiplin Guru
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis: (1) Keterampilan manajerial, komitmen kerja, motivasi dan disiplin kerja guru; (2) Pengaruh Keterampilan manajerial terhadap disiplin kerja; (3) Pengaruh Keterampilan manajerial terhadap komitmen kerja; (4) Pengaruh Keterampilan manajerial terhadap motivasi; (5) Pengaruh komitmen kerja terhadap disiplin guru; (6) Pengaruh motivasi terhadap disiplin guru; (7); Pengaruh Keterampilan manajerial terhadap disiplin guru melalui komitmen kerja; (8) Pengaruh Keterampilan manajerial terhadap disiplin melalui motivasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 105 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh langsung: (1) Keterampilan manajerial terhadap disiplin kerja sebesar 0,337; (2) Keterampilan manajerial terhadap komitmen kerja sebesar 0,284; (3) Keterampilan manajerial terhadap motivasi guru sebesar 0,216; (4) Komitmen Kerja terhadap disiplin guru sebesar 0,308; (5) motivasi kerja terhadap disiplin guru sebesar 0,252; dan pengaruh tak langsung: (6) Keterampilan manajerial terhadap disiplin guru melalui komitmen kerja sebesar 0,087; (7) Keterampilan manajerial terhadap disiplin guru melalui motivasi kerja sebesar 0,054.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh Keterampilan manajerial kepala madrasah komitmen kerja dan motivasi terhadap disiplin guru MIN di Kabupaten Balangan. Disarankan bagi para guru untuk selalu mempertahankan komitmen dan motivasi serta disiplin di madrasah dalam proses belajar mengajar. Bagi kepala sekolah untuk mampu mengoptimalkan pembinaan kepada para guru melalui Keterampilan manajerial.