Abstract:
ABSTRAK
Alkarni, Wais. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Etos Kerja Melalui Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D (2) Dr. Ngadimun, MM
Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Guru.
Kesuksesan suatu pendidikan terletak pada kinerja guru, oleh karena itu guru dituntut untuk bekerja dengan optimal agar kesuksesan tersebut dapat tercapai. Ada beberapa hal yang dapat mengoptimalkan kinerja guru diantaranya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, etos kerja dan juga komitmen organisasi, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk : Mendeskripsikan gambaran tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah, etos kerja, komitmen organisasi dan kinerja guru; Menganalisis pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komitmen organisasi, etos kerja guru terhadap kinerja guru, etos kerja guru terhadap komitmen organisasi, komitmen organisasi terhadap kinerja guru; Menganalisis pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah melalui komitmen organisasi terhadap kinerja guru, etos kerja guru melalui komitmen organisasi terhadap kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah 519 guru pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan sampel sebanyak 226 guru. Data pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan dengan google form. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path nalysis) dengan bantuan SPSS Versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru; kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komitmen organisasi guru; etos kerja guru terhadap kinerja guru; etos kerja kerja terhadap komitmen organisasi guru; komitmen organisasi terhadap kinerja guru; terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah melalui komitmen organisasi terhadap kinerja guru; etos kerja guru melalui komitmen organisasi terhadap kinerja guru.
Saran penelitian ini ditujukan kepada (1) kepala sekolah untuk lebih meningkatkan kompetensi dalam kepemimpinannya terutama kepemimpinan transformasional yang dapat memberikan pengaruh kondisi, keadaan, stimulasi intelektual, motivasi inspirasional, dan pertimbangan individual. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi kepala sekolah lebih memperhatikan berbagai penghargaan dan prestasi yang diperoleh sebagai rasa kebanggan atas torehan tersebut, kepala sekolah lebih berbagi pengalaman tentang pengembangan perencanaan program sekolah agar sekolah lebih baik lagi, kepala sekolah dapat memberikan kepercayaan terhadap guru tentang masalah yang dihadapi guru bahwa guru dapat menyelesaikan masalahnya secara mandiri, kepala sekolah lebih banyak berdiskusi dalam mengambil keputusan agar kebijakan dapat dijalankan dengan senang hati, kepala sekolah lebih banyak memberikan arahan kepada guru agar guru dapat menjalankan tugasnya dengan baik, kepala sekolah dapat memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi guru, kepala sekolah hendaknya dapat memberikan apresiasi kepada guru yang berprestasi agar guru semangat untuk memperoleh lebih banyak prestasi dan lebih berinovasi, kepala sekolah lebih sering menjalin silaturrahmi dengan warga sekolah agar hubungan antar warga sekolah lebih erat dan harmonis serta hendaknya kepala sekolah dapat memberikan tugas untuk guru sesuai bidang mereka agar tugas dpat dijalankan dengan maksimal; (2) guru leih meningkatkan kinerjanya dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya berkaitan dengan penilaian pembelajaran. Di samping itu, berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk lebih meningkatkan kecakapan dalam menghadapi datangnya pengetahuan baru dan menghadapai zaman teknologi modern ini, dapat memaksimalkan perolehan prestasi baik dalam akademik maupun diluar akademik, lebih menjadikan diri sebagai bagian dari warga sekolah, lebih mengutamakan kepentingan organisasi dari pada kepentingan pribadi, lebih menjadikan profesi guru untuk mengabdi dari pada menjadikan guru sebagai ladang pekerjaan mencari keuntungan, lebih memilih pekerjaan sekolah dari pekerjaan yang lain, memilki tanggung jawab yang besar terhadap sekolah.