Abstract:
Pilihan konsumen dalam keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Menurut Kotler dan Keller tahun 2009, keputusan konsumen dalam membeli sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor budaya, psikologis, sosial, dan pribadi. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di Rumah Sakit Nirwana, yaitu BOR yang belum sesuai standar (di bawah 75-85%) dan trend jumlah pasien rawat inap setiap bulannya yang naik turun atau tidak stabil, peneliti tertarik untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dengan permasalahan tersebut jika dilihat dari sisi perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian suatu produk atau pelayanan. Peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian, dalam hal ini keputusan penggunaan fasilitas rawat inap Rumah Sakit Nirwana di Kota Banjarbaru yang dilihat dari segi budaya, sosial, dan psikologisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh masing-masing variabel faktor budaya, sosial, dan psikologis terhadap keputusan penggunaan fasilitas rawat inap Rumah Sakit Nirwana di Kota Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah pasien yang menggunakan fasilitas rawat inap Rumah Sakit Nirwana. Sampel berjumlah 75 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pasien pada hari terakhir rawat inap di Rumah Sakit Nirwana. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis statistik menunjukkan faktor budaya (p-value = 0,041), faktor sosial (p-value = 0,011), dan faktor psikologis (p-value = 0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh dari masing-masing variabel faktor budaya, sosial, dan psikologis terhadap keputusan penggunaan fasilitas rawat inap Rumah Sakit Nirwana di Kota Banjarbaru.
Kata kunci: Budaya, sosial, psikologis, keputusan pembelian, perilaku konsumen