Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan setelah masa pandemi covid-19 dimana pembelajaran diterapkan secara tatap muka terbatas. Penelitian ini dilakukan untuk membantu guru dalam menyelesaikan masalah belajar yang terjadi karena dampak pandemik, yaitu penurunan minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PKNdi SMPN 15 Banjarmasin. Maka dari itu, dikembangkan sebuah media pembelajaran berupa video interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan dan pengambilan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan skala likert untuk ahli media, ahli materi dan ahli naskah. Sedangkan untuk untuk respon minat siswa menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian kelayakan validasi materi mendapat skor presentase 95.18?ngan kategori “sangat layak”, untuk hasil kelayakan validasi media mendapat skor presentase 94.79?ngan kategori “sangat layak”, dan hasil kelayakan validasi naskah mendapat skor presentase 97,5?ngan kategori “sangat layak” maka penelitian pengembangan dikategorikan layak untuk digunakan. Dan pada penilaian respon motivasi siswa mendapat penilaian 0,653 kategori “sedang”. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan minat belajar siswa mengalami peningkatan tergolong sedang dari minat awal sebelum menggunakan media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, video interaktif, keberagaman dalam Bhinneka Tunggal Ika, PKN.