Abstract:
ABSTRAK
META-ANALISIS MENGENAI PENGARUH SELF REGULATED LEARNING (SRL) TERHADAP TINGKAT PENGUASAAN MAHASISWA (Oleh: Rania Salsabilla; Pembimbing: Dewi Sri Susanti, S.Si., M.Si. dan Rahmi Hidayati, S.Pd., M.Pd. , 2022; 96 halaman)
Terdapat banyak penelitian yang telah membahas mengenai hubungan Self Regulated Learning (SRL) terhadap Tingkat Penguasaan Mahasiswa dengan kesimpulan yang beragam. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai Effect Size dan Publication Bias dari hasil-hasil penelitian serta memperoleh interval kepercayaan Effect Size yang membentuk pola sebaran data. Selain itu, penelitian ini juga digunakan untuk mengidentifikasi tingkat korelasi positif yang dibentuk melalui Meta-Analisis untuk memperoleh kesimpulan yang lebih umum. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah studi Meta-Analisis dengan jumlah sampel sebanyak 14 (empat belas) hasil penelitian. Sampel pada penelitian ini merupakan sampel data sekunder dimana sampel yang digunakan adalah data hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti sebelumnya. Penelitian ini menghasilkan nilai Effect Size yang beragam sehingga digunakan model Efek Acak (Random-Effect Model) pada penelitiannya. Dalam penelitian ini diperoleh nilai Effect Size berada pada rentang -0.13 sampai dengan 1.22. Nilai estimasi Korelasi menunjukkan nilai sebesar 0.498 (Sedang) dengan interval kepercayaan 0.284 sampai dengan 0.613, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara Self Regulated Learning (SRL) terhadap Tingkat Penguasaan Mahasiswa. Selain itu, dengan menggunakan pengujian Egger’s Test diperoleh hasil nilai p-value sebesar 0.166 > (? = 0.05), sehingga tidak terdeteksi Publication Bias pada studi Meta-Analisis ini.
Kata kunci : Self Regulated Learning (SRL), Tingkat Penguasaan Mahasiswa, Meta-Analisis, Effect Size, Publication Bias