Abstract:
ABSTRAKSI
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa berperannya bauran pemasaran yang meliputi produk (product), harga (price), promosi (promotion), lokasi (place), orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses (process) yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian di Hotel Batu Suli Palangkaraya.
Jenis dari penelitian yaitu eksplanasi (Explanatory Research), yang berati menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Penelitian menggunakan metode teknik non probability sampling, metode sampling adalah metode yang tidak memberi kesempatan atau peluang yang sama untuk sebagian orang ataupun populasi yang dipilih untuk dijadikan sebuah sampel. Dalam penelitian yang dilakukan pelanggan yangg dipilih sebagai responden adalah semua orang yang sudah pernah menginap dan memakai fasilitas pada Hotel Batu Suli Palangkaraya. Jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Data yang diperoleh mengguakan alat analisis linier beganda.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa apabila variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), tempat (X4), fasilitas fisik (X5), orang (X6), proses (X7), secara bersama-sama meningkat, maka akan meningkat pula keputusan pembelian Konsumen pada Hotel Batu Suli di Palangkaraya. Sebaliknya apabila produk (X1), harga (X2), promosi (X3), tempat (X4), fasilitas fisik (X5), orang (X6), proses (X7), tersebut secara bersama-sama menurun, maka keputusan pembelian Konsumen pada Hotel Batu Suli di Palangkaraya juga ikut menurun.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian