Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang
dan ancaman pemasaran dan menentukan strategi pemasaran kopi bubuk Hj.
Fatimah. Pengambilan sampel responden menggunakan metode internal dan
eksternal. Untuk memperoleh data lingkungan internal yaitu menggunakan
studi kasus yang sampelnya yaitu pemilik dan karyawan berjumlah 7 orang.
Untuk memperoleh data lingkungan eksternal yaitu dengan teknik non
probability sampling yaitu menggunakan teknik accidental sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 37 orang. Metode analisis menggunakan identifikasi
kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman dengan metode
deskriptif. Untuk menganalisis strategi pemasaran digunakan analisis
SWOT. Berdasarkan hasil penelitian kekuatan yang dimiliki usaha tersebut
yaitu memiliki izin usaha, stok bahan baku dan pemasok sudah berlangganan
pabrik pengolahan sendiri, pengalaman 15 tahun dalam berusaha, memiliki
pelanggan tetap dan kualitas produk. Kelemahan utama adalah membeli
bahan baku hanya disesuaikan dengan produksi, produk mudah dilacak, iklan
kurang optimal dan tidak menjalankan fungsi manajemen yang lebih tinggi,
hanya dibungkus plastik biasa, letak kurang strategis untuk pendistribusian
produk. Peluang utama yaitu kopi merupakan minuman yang diterima secara
luas, berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, cakupan pasar
yang luas, loyalitas konsumen yang tinggi. Ancaman utama yaitu banyaknya
pesaing. Dengan strategi pemasaran berada di Kuadran I atau strategi intensif
yakni penetrasi pasar, maka perlu mengembangan produk dan
mengembangan pasar. Strategi alternatif ini berbasis SWOT berupa agresif
strategi atau SO yakni melakukan inovasi produk olahan, mengoptimalkan
saluran dari distribusi, mempertahankan dan memperkuat citra produk,
meningkatkan pengenalan produk berarti posisi ini menguntungkan.