Abstract:
Farhan Sentanu, 1810414310041, 2022. “Konten Instagram Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Sebagai Media Promosi Pariwisata. Dibawah bimbingan Dr. H. Bachruddin Ali Akhmad, M.Si.
Media sosial instagram merupakan salah satu dari sekian banyak media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarkat dunia termasuk indonesia, dengan kemudahan fitur yang ditawarkan instagram membuat beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan masyarakat secara konvensial menjadi bergeser kearah digital sebab adanya instagram. Salah satunya adalah kegiatan promosi yang akhirnya menjamur dan umum ditemui di instagram yang mana dengan adanya instagram kegiatan promosi menjadi jauh lebih mudah dan ekonomis. Salah satu akun yang memanfaatkan kemudahan ini adalah @disparkalsel selaku media sosial intagram resmi Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan. Akun @disparkalsel adalah akun promosi yang berfokus pada bidang pariwisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya kegiatan promosi pariwisata melalui media sosial instagram dengan menjadikan akun @disparkalsel sebagai objek penelitian. Fokus penelitian juga berpusat pada konten yang diproduksi oleh @disparkalsel sebagai produk pariwisata mereka di instagram guna meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan Kalimantan Selatan. Jenis dan tipe penelitian adalah deskriptip kualitatif , dalam penelitian ini jenis dan sumber data yang digunakan yakni sumber data primer yang mana data diambil langsung dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan selaku pengelola akun @disparkalsel dan wawancara dengan admin serta pengikut @disparkalsel. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka dan jurnal, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa akun @disparkalsel selaku media promosi pariwisata dinilai memiliki peran yang baik oleh pengikutnya sebagai media promosi pariwisata dengan aktif memproduksi konten dan interaktif dengan seluruh pengikutnya terlebih saat ada pertanyaan mengenai pariwisata. Walaupun dalam penyampaian informasi pariwisata masih perlu beberapa perbaikan sebab masih ditemukannya misinfomasi mengenai banyaknya konten kegiatan dinas pariwisata dan kurang rincinya informasi yang diberikan dalam mendeskripsikan lokasi wisata yang dipromosikan.
Kata kunci : Media sosial, Instagram, Promosi, Pariwisata