Abstract:
Anak tunagrahita merupakan anak yang mengalami hambatan dalam intelegensi yang berada di bawah rata-rata anak pada umumnya namun anak tunagrahita ada juga yang mengalami hambatan dalam bina diri terutama untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tangan. Berdasarkan permasalahan tersebut perlunya diadakan kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan mencuci tangan pada anak tunagrahita dengan menggunakan gerak irama. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mencuci tangan anak tunagrahita melalui penggunakan gerak irama. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek SSR (single subject research). Desain penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas I SD di SLB Madana Dun Ya Banjarmasin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gerak irama efektif dalam meningkatkan kemampuan mencuci tangan anak tunagrahita, yang terlihat dari perolehan data tahap baseline 1 (A1) anak memperoleh skor 33%, pada intervensi (B) adalah 60-91?n pada baseline 2 (A2) skor yang diperoleh sebanyak 73-91% skor.