Abstract:
Maulita Yasmin, 1710414620021, 2022. Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Sirup Marjan Edisi “Purbasari dan Lutung Kasarung” Tahun 2020 Terhadap Brand Awareness di Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Lalita Hanief dan Astinana Yuliarti.
Periklanan adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menawarkan suatu produk atau jasa dan dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk atau jasa tersebut. PT.Lasalle Food melalui Sirup Marjan memanfaatkan bulan ramadhan sebagai salah satu strategi dalam beriklan dengan cara membuat iklan dalam bentuk series. Penelitian ini membahas tentang pengaruh terpaan iklan televisi sirup marjan edisi purbasari dan lutung kasarung terhadap brand awareness di kota Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan televisi sirup marjan terhadap brand awereness di kota Banjarmasin dengan menggunakan frekuensi, durasi dan intensitas. Penelitian ini menggunakan teori perbedaan individu, dimana teori ini menelaah tentang perbedaan disetiap individu atau konsumen ketika mendapatkan terpaan iklan sirup marjan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Banjarmasin yang berusia 17-40 tahun, dengan menggunakan sampel sebanyak 348 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden secara online. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand awareness memiliki skor total 10.196 yang berarti masyarakat Kota Banjarmasin untuk Brand Awareness berada pada level Top of mind, dengan nilai Determinasi (R2) sebesar 50,7%. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada terpaan iklan sirup marjan edisi purbasari dan lutung kasarung dikota Banjarmasin. Dengan kata lain, konsumen mengenali adanya sirup marjan.
Kata kunci : Iklan, Terpaan Iklan, Brand Awareness, Sirup Marjan