Abstract:
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Manajerial Terhadap Manajemen Laba. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan makanan dan minuman berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan leverage dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Manajerial, Manajemen Laba