Abstract:
Penelitian ini mengkaji tentang keterampilan bina diri anak dengan tunagrahita ringan yang mengalami masalah dalam berpakaian pada aspek mengancing baju. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bina diri anak tunagrahita ringan dengan media Button Book. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A. dimana A pertama adalah fase dasar 1, B adalah fase intervensi, dan A kedua adalah fase dasar. 2. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas II SLB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan pengujian dengan cara merekam data kejadian (magnitudo) yang didukung oleh tiga orang pengamat. Metode analisis data menggunakan analisis visual grafis meliputi analisis kondisional dan interkondisional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengembangan diri yang lebih baik. Hal ini terlihat dari data yang diperoleh pada kondisi baseline 1 (A1) dengan mean 38%, kondisi intervensi (B) dengan mean 54,3%, dan kondisi baseline 2 (A2) dengan mean 54,3%. adalah 77,25%. Hasil overlap dari A1 ke B adalah 0%, B ke A2 adalah 0%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan diri pada anak tunagrahita ringan. Semakin banyak intervensi yang dilakukan peneliti melalui media buku kancing yang efektif untuk meningkatkan keterampilan pengembangan diri pada anak tunagrahita ringan.
Kata kunci: Media Button Book, Bina Diri, Anak dengan Tunagrahita Ringan