Abstract:
Sub Konsep Sistem Pencernaan Manusia memerlukan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi. bahan ajar yang mudah dimengerti, lebih menarik dan menyenangkan dapat mendukung pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Bahan Ajar berbasis elektronik merupakan salah satu alternatif yang sesuai dengan kondisi pandemi saat ini untuk membantu saat belajar secara mandiri karena pembelajaran di SMA dilakukan secara daring maupun blended (campuran). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan isi berdasarkan respon guru dan kepraktisan isi berdasarkan respon peserta didik terhadap bahan ajar Sub Konsep Sistem Pencernaan Manusia di SMA Berbentuk Majalah Edukasi Elektronik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan pelaksanaan sampai tahap pengembangan (Implementation) secara terbatas hanya pada uji kepraktisan isi berdasarkan respon guru.. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar Sub Konsep Sistem Pencernaan Manusia di SMA Berbentuk Majalah Edukasi Elektronik memperoleh nilai kevalidan oleh ahli media sebesar 4,06 yang tergolong “valid”, nilai kelavalidan oleh ahli materi sebesar 4,65 yang tergolong “sangat valid”, nilai kepraktisan hasil respon guru pada uji respon guru sebesar 4,0 yang tergolong “baik”, nilai kepraktisan isi hasil respon peserta didik pada uji perorangan sebesar 4,3 yang tergolong “baik” , nilai kepraktisan isi hasil respon peserta didik pada uji kelompok kecil sebesar 4,2 yang tergolong baik dan nilai kepraktisan isi hasil respon peserta didik pada uji coba terbatas sebesar 3,82 yang tergolong “baik”. Hal ini menunjukkan bahan ajar dimaksud layak digunakan dalam pembelajaran.