Abstract:
ABSTRAK
Annisa Anggraini Putri (D1C115004), dengan judul Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan Terhadap Minat Beli Melalui Aplikasi E-Commerce Tokopedia (Studi pada penonton iklan Tokopedia versi BTS). Di bawah bimbingan Atika dan Achmad Bayu Chandrabuwono.
Tokopedia menjadi e-commerce yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia sebesar 65.593.400 orang perbulan. Fitur layanan yang dimiliki oleh tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Tokopedia dalam membuat iklan memiliki daya tarik, karena didalam iklan Tokopedia menampilkan Brand Ambassador mereka yang merupakan selebriti terkenal. Pada oktober 2019, Tokopedia mempunyai Brand Ambassador baru yaitu grup musik asal Korea Selatan, BTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan (X) terhadap Minat Beli (Y).
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian ekpslanatif. Sampel diambil sebanyak 348 orang dari masyarakat Kota Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan data primer yang berbentuk observasi dan kuisioner dan juga menggunakan data sekunder berupa informasi. Penentuan skor menggunakan skala likert sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Daya Tarik Pesan Iklan (X) dengan Minat Beli (Y) dengan nilai R sebesar 0.348 atau 34.8?ngan kategori rendah. Kemudian, hasil perhitungan koefisien determinasi atau R Square sebesar atau 0.121 atau 12.1%. Hal ini menunjukan kontrubusi dari Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan (X) terhadap Minat Beli (Y) sebesar 12.1%.
Kata kunci: E-commerce, Daya Tarik Pesan Iklan, Minat Beli, Aplikasi Tokopedia.