Abstract:
ABSTRAK
Hidayah, Nurul. 2022. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Efikasi Diri Guru dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru di SDN di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. M. Saleh, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Suhaimi, M.Pd
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Efikasi Diri, Disiplin, Kinerja Guru
Kinerja guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di sekolah dan bertanggung jawab atas peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung variabel supervisi akademik kepala sekolah, efikasi diri guru dan disiplin guru terhadap kinerja guru di SDN Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode koresional dengan pendekatan kuantitatif yang diformulakan kedalam model analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian sebanyak sebanyak 258 guru dari 25 sekolah dan 157 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik probability simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menunjukan gambaran variabel kinerja katagori tinggi (64,33%), variabel supervisi akademik kepala sekolah katagori tinggi (75,80%), variabel efikasi diri katagori tinggi (79,62%) dan variabel disiplin guru katagori tinggi (70,70%). Nilai koefisien regresi variabel supervisi akademik kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,365, supervisi akademik kepala sekolah (X1) terhadap disiplin guru (Z) sebesar 0,359, efikasi diri (X2) terhadap 245, disiplin guru (Z) terhadap kinerja Guru (Y) sebesar 0,288, supervisi akademik kepala sekolah (X1) melalui disiplin guru (Z) terhadap kinerja Guru (Y) sebesar 0,103 dan efikasi diri (X2) melalui disiplin guru (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,071.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung supervisi akademik kepala sekolah, efikasi diri dan disiplin guru terhadap kinerja guru, terdapat pengaruh langsung supervisi akademik kepala sekolah dan efikasi diri terhadap disiplin guru dan terdapat pengaruh tidak langsung supervisi akademik kepala sekolah dan efikasi diri terhadap kinerja guru melalui disiplin guru
Saran pada kepala sekolah melakukan supervisi harus lebih rutin dan terjadwal, sehingga kepala sekolah lebih mengetahui dan mengidentifikasi berbagai kesulitan dan kekuatan guru dalam meningkatkan kinerjanya dan kepada guru meningkatkan kedisiplinannya untuk menerima dan mematuhi peraturan-peraturan atau nilai-nilai yang ditetapkan organisasi.