Abstract:
Pembelajaran sejarah di abad ke-21 menekankan pada pentingnya siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mengarahkan terciptanya generasi cerdas dan berkompeten. Menghadirkan pembelajaran sejarah yang mampu menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran, terlibat secara aktif dan memiliki keterampilan menjadi tanggung jawab besar bagi guru. Guru sejarah harus bisa memberikan variasi-variasi pembelajaran di kelas guna mengeksplor pengetahuan dan keterampilan siswa hingga tercapainya tujuan pembelajaran. Model pembelajaran sejarah berbasis project menjadi salah satu strategi pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru. Melalui model pembelajaran tersebut siswa dapat bertindak secara aktif dan kreatif dalam menghasilkan produk pembelajaran. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi guru dalam menerapkan keterampilan kolaborasi dan kreativitas siswa pada pembelajaran sejarah berbasis project. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap guru sejarah dan siswa-siswi XI IPS 1 MAN 1 Banjarmasin. Hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran sejarah berbasis project dapat mendorong siswa untuk memiliki keterampilan bekerja sama dalam tim dan berpikir kreatif guna menghasilkan suatu produk. Kontribusi guru teramat penting di dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis project yaitu guru terlibat sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah dan penilai. Keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran sejarah ini juga dapat dilihat dari tercapainya beberapa indikator keterampilan kolaborasi dan kreativitas yang dimiliki siswa saat melakukan pengerjaan project yang diberikan.
Kata kunci: Kontribusi Guru, Kolaborasi, Kreativitas, Pembelajaran Sejarah Berbasis Project.