Abstract:
ABSTRAK
Nurul Huda, D1C115225, 2022. Pengaruh Daya Tarik Iklan Bimbingan Belajar Online “Ruang Guru” Terhadap Sikap Masyarakat di Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Dr. H. Bachruddin Ali Akhmad dan A. Bayu Chandrabuwono.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Daya Tarik iklan Bimbingan Belajar Online “Ruang Guru” Terhadap Sikap Masyarakat di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif/ eksplanasi. Jumlah populasi sebesar 487.841 jiwa masyarakat kota Banjarmasin dengan rentang usia antara 15 hingga 64 tahun, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 348 orang, terbagi di 5 wilayah kecamatan. Teknik pengambillan sampel dilakukan dengan metode Cluster Sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online melalui Google Form yang sudah diuji validitas dan reabilitas. Analisis data mengggunakan regresi linier sederhana dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05 dengan program SPSS 25 for windows.
Hasil pengujian penelitian dari uji regresi linier sederhana menunjukan terdapat hubungan positif antara variabel daya tarik iklan dan variabel sikap dengan nilai t hitung > t tabel (10,442 > 1,966) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga Ha diterima, yang berarti daya tarik iklan bimbingan belajar online ruang guru berpengaruh signifikan terhadap sikap masyarakat di kota Banjarmasin. Tingkat kekuatan korelasi sebesar 0,853 menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara variabel daya tarik iklan terhadap variabel sikap. Sedangkan besar pengaruh variabel daya tarik iklan dan sikap sebesar 72,8?n sisanya 27,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.
Kata kunci : Daya Tarik Iklan, Sikap, pengaruh.