Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran di UMKM
Mutiara Bersinar Desa Labuan Tabu Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar
Provinsi Kalimantan Selatan. Data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder, sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ditentukan
menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling untuk lembaga
lembaga pemasaran dan pelaku pemasaran. Analiss data yang digunakan adalah
analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran dan analisis farmers share.
Hasil analisis memperlihatkan bahwa saluran terdiri dari 3 pola yaitu, pada pola
pemasaran I, yang terdiri dari pembudidaya lalu kekonsumen akhir. Pola pemasaran
II terdiri dari pembudidaya, pedagang pengecer lalu konsumen akhir. Pola
Pemasaran III terdiri dari pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengecer
lalu ke konsumen akhir yang semua setiap saluran pemasaran dilakukan secara
offlane ke tempat yang sudah pedagang tentukan. Pola saluran pemasaran yang
terbanyak yaitu berada pada pola saluran ke II, sebesar 19,35?ngan besarnya
margin pemasaran sebesar Rp. 6.000,00. Nilai farmer's share adalah sebesar 83,7%.
Hal ini dapat dikatakan efisien karena ditingkat pembudidaya pembesaran ikan nila
mutiara bersinar dan nilainya diatas 50?n layak untuk dikembangkan.