Abstract:
Putri Yasni Athiya, 1810412320020, 2022, Pengaruh Inovasi dan Integrated Marketing Communication (IMC) terhadap Keunggulan Bersaing Gojek (Studi pada Pengguna Layanan Transportasi Online Kota Banjarmasin). Di bawah bimbingan Saladin Ghalib dan Taharuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi dan integrated marketing communication (IMC) terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel sebanyak 140 pengguna layanan transportasi online Kota Banjarmasin. Pemilihan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data terkait variabel penelitian, sedangkan regresi linier berganda digunakan untuk menguji kausalitas antar variabel.
Hasil penelitian membuktikan secara parsial inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan pengaruh sebesar 0,348 atau 34,8%, begitu pula integrated marketing communication (IMC) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan pengaruh sebesar 0,553 atau 55,3%. Hasil secara simultan membuktikan adanya pengaruh signifikan inovasi dan integrated marketing communication (IMC) terhadap keunggulan bersaing dengan pengaruh sebesar 0,653 atau 65,3%.
Kata Kunci: Inovasi, Integrated Marketing Communication (IMC), Keunggulan Bersaing