Abstract:
Masa perkuliahan merupakan awal baru bagi mahasiswa mulai mengembangkan dirinya menjadi individu yang lebih baik dan dapat menjadi pribadi yang lebih mandiri. Pada masa ini mahasiswa akan mengalami perubahan secara internal maupun eksternal. Perubahan yang di alami mahasiswa terkadang memberikan tekanan terlebih bagi mahasiswa baru. Salah satu permasalahan yang sering dialami mahasiswa baru di masa peralihan yaitu mengenai ketidakmampuan penyesuaian diri di lingkungan yang baru yaitu perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan antara peer attachment terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa/i aktif Universitas Lambung Mangkurat angkatan 2021 berjumlah 363 orang terdiri dari 217 perempuan dan 146 laki-laki. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang terdiri dari skala penyesuaian diri dan skala adaptasi Inventory Of Parent And Peer Attachment (IPPA). Uji hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan adanya peranan antara peer attachment terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat, artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil uji regresi menunjukkan nilai sebesar 15% peranan peer attachment terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat dengan tingkat hubungan rendah. Nilai regresi menunjukkan nilai positif, artinya semakin tinggi peer attachment maka semakin tinggi pula penyesuaian diri mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat.