Abstract:
ABSTRAK
Refly Pangaribuan, 1710412310035, 2022. Pengaruh Inovasi Kemajuan Teknologi dan Kekuatan Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Smartphone Merek iPhone Di Kota Banjarmasin) dibawah bimbingan Maryono
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Inovasi Kemajuan Teknologi (X1) dan Kekuatan Merek (X2) Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Pada Konsumen Smartphone Merek iPhone Di Kota Banjarmasin.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 120 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda yang dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian membuktikan Inovasi Kemajuan Teknologi (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan besar pengaruh 0,557 atau sebesar 55,7%, pengujian hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05. Kekuatan Merek (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan besar pengaruh 0,269 atau sebesar 26,9%, pengujian hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05. Inovasi Kemajuan Teknologi (X1) dan Kekuatan Merek (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan besar pengaruh 0,522 atau 52,2 % , pengujian hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Inovasi Kemajuan Teknologi, Kekuatan Merek, Keputusan Pembelian