Abstract:
Diterima: Disetujui:
Kata Kunci:
Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration, Pembelajaran PPKn
Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi perencanaan, mendeskripsikan pelaksanaan dan menganalisis evaluasi 4C sebagai keterampilan belajar abad 21 pada pembelajaran PPKn di MAN 1 Hulu Sungai Tengah. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Metode analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan-kesimpulan. Pengujian keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran PPKn dalam mengimplementasikan 4C berupa pembuatan silabus, RPP, materi, media dan lembar penilaian. 2) Pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam mengimplementasikan 4C berjalan sesuai indikator penerapannya. Kendala guru maupun peserta didik yaitu kurangnya aspek creativity dan communication. 3) Evaluasi pembelajaran yang guru rencanakan pada RPP kemudian di laksanakan dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga memberikan hasil yang baik dalam sikap, pengetahuan dan keterampilan. Saran penelitian ini perencanaan pembelajaran sebaiknya dilengkapi dengan LKPD, pelaksanaan pembelajaran hendaknya menggunakan strategi penerapan creativity dan communication serta evaluasi pembelajaran agar semua pihak saling bekerja sama sehingga mampu memotivasi siswa dalam mata pelajaran PPKn terus mendapat hasil yang optimal sesuai prinsip-prinsip pembelajaran abad 21.