Abstract:
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Peran dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Pelayanan Petugas Kapal Feri penyeberangan Darurat Alalak untuk penumpang dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh pengelola pelabuhan dan agen lintas batas Alalak Utara-Alalak Berangas untuk layanan penumpang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian secara kualitatif. Karena tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pelayanan yang diberikan kepada penumpang dan hambatan atau kendala yang dihadapi. Sumber data dikumpulkan melalui proses wawancara langsung dengan informan menggunakan panduan wawancara, observasi langsung terhadap aktivitas Dinas perhubungan kalsel beserta para pengelola dipelabuhan atau kapal feri serta studi dokumentasi atas dokumen-dokumen.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa pelayanan petugas ferry darurat alalak bekerja dengan baik, petugas hanya memiliki masalah dengan fasilitas dan infrastruktur untuk memberikan layanan. Masalah manajemen dalam pengelolaan pelabuhan dan pelayanan laut adalah elemen sarana dan prasarana yang ada yang menghambat proses pelayanan di feri Darurat Alalak beroperasi secara optimal, serta elemen anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan pelabuhan. masih minim..
Saran layanan manajemen dan transportasi untuk meningkatkan jumlah kapal yang beroperasi. Hingga saat ini, selain faktor cuaca, ketiadaan armada atau kapal menjadi salah satu penyebab turunnya jumlah penumpang yang melewati kawasan pelabuhan Alalak. Penambahan petugas di kapal. Minimnya petugas di kapal berbanding terbalik dengan banyaknya jumlah penumpang. Untuk itu, sebaiknya kapal feri darurat PT RANNISA Alalak menambah jumlah pegawai yang ada di dalamnya sehingga jika penumpang membutuhkan sesuatu, pegawai selalu tersedia.
Kata Kunci : Peran Dinas Perhubungan, Utilitas dan Terminal Feri PERAN JASA TRANSPORTASI KALIMANTAN SELATAN DALAM KEGIATAN DARURAT DI ALALAK