Abstract:
Haidar (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap
Keputusan Pembelian (Studi pada rujak empok selfie di Banjarmasin).
Pembimbing: Akhmad Supriyanto.
Penilitian ini dilakukan untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh celebrity
endorser secara parsial terhadap keputusan pembelian diwarung Rujak Empok
Selfie; (2) Untuk mengetahui pengaruh brand image secara parsial terhadap
keputusan pembelian diwarung Rujak Empok Selfie; (3) Untuk mengetahui
pengaruh celebrity endorser dan brand image secara simultan terhadap keputusan
pembelian diwarung Rujak Empok Selfie.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner yang disebarkan melalui social
media. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut Instagram rujak empok
selfie sebanyak 2165. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 96
orang dengan jenis sampel non probability samping dengan metode purposive
sampling.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Celebrity Endorser (X1) dari
warung rujak empok selfie merupakan hal yang dapat mempengaruhi keputusan
pembelian, Terbukti bahwa nilai mean score analisis deskriptif variabel Celebrity
Endorser tinggi yang ditunjukan dengan mean score sebesar 4,27. Variable ke 2
dari penilitian ini adalah Brand Image (X2), diketahui bahwa persepsi para
responden yaitu komsumen terhadap Brand Image cukup tinggi yang ditunjukan
dengan mean score sebesar 3,88.
Kesimpulan dari penilitian ini Celebrity Endorser dan Brand Image
berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian konsumen di UMKM
Warung Makan Rujak Empok Selfie. Celebrity Endorser berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian konsumen di UMKM Warung Makan Rujak
Empok Selfie. Brand Image memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian konsumen di UMKM Warung Makan Rujak Empok Selfie.
Kata kunci : Keputusan Pembelian, Celebrity Endorser, Brand Image