Abstract:
Perancangan Jembatan Prestress PT Lifere Agro Kapuas Sungai Belida Estate Desa Suka Maju Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah
Fakhri Alfarizi
Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat
Jl. A. Yani KM. 36 Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia
Telp. (0511)47738568-4781730 Fax. (0511)4781730
Email: fakhrijayus@gmail.com
ABSTRAK
PT. Lifere Agro Kapuas (LAK) adalah salah satu perusahaan asing (PMA) Malaysia yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit. Berlokasi Desa Suka Maju Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Di lokasi tersebut terdapat sungai yang membelah dua jalur produksi PT. LAK. Pada sungai tersebut dibangun jembatan sementara yang terbuat dari kayu dan kondisinya cukup rawan namun tetap dipaksakan dilalui lalu lintas dengan beban tonase melebihi kapasitas jembatan dan dimensi jembatan yang kecil menyebabkan arus lalu lintas sarana produksi menjadi terhambat karena harus melewati jembatan secara bergantian. Akibat perkembangan teknologi menghasilkan suatu konsep yang berbeda dengan konsep beton bertulang biasa. Perpaduan dari beton kuat tekan tinggi dengan baja dengan kuat tarik tinggi menghasilkan konsep Beton Prategang (Prestressed Concrete) yang dapat mengatasi beban yang berat. Perencanaan pembebanan mengacu kepada standar SNI 1725-2016. Perencanaan pelat lantai menggunakan metode Bittner dan pelat dianggap sebagai pelat satu arah. Sehingga digunakan gaya-gaya terbesar antara kedua metode tersebut. Pada perancangan balok gelagar menggunakan material beton bertulang dengan mutu fc’ 40 MPa. Jenis tendon Uncoated 7 wire super strands ASTM A-416 grade 270 berjumlah 4 tendon tiap gelagar. Tahanan aksial tiang pancang diambil berdasarkan nilai terkecil dari kekuatan bahan, data bor tanah, uji sondir, atau N-SPT. Sedangkan tahanan lateral tiang pancang diambil dari nilai terkecil dari momen maksimum. Berdasarkan hasil analisa, dipilih penampang PCI-Girder H 170 dengan kehilangan prategang sebesar 29,8%. Kuat tarik tendon 1860 MPa. Pelat lantai mutu fc’ 35 MPa tebal 30 cm tulangan utama D29-200 dan tulangan pembagi D16-200. Tiang Sandaran fc’ 25 MPa. Pada struktur bawah menggunakan beton mutu fc’ 25 MPa dengan pondasi tiang pancang pabrikasi dari PT. Wika Beton jenis PC Spun Pile kelas B diameter 50 cm sebanyak 18 tiang tiap abutment.
Kata Kunci: Jembatan, prategang