Abstract:
ABSRTRAK
Muhammad Fajar Ikhsandi. D1C115026. 2022. Analisis Wacana Pesan Pendidikan Dalam Film He Named Me Malala Dibimbing oleh Fahrianoor dan achmad bayu chandrabuwono
Film He Named Me Malala ini menggambarkan berbagai realitas sosial yang ada di negara Pakistan yang berada di wilayah lembah swat di desa mingora dikuasai oleh kelompok Taliban dibawah kepemimpinan maulana fazlullah. Perilaku islam versi Taliban ini tidak sejalan dengan islam versi dunia yang mana dengan rezim Taliban ini membuat perempuan jatuh miskin, memperburuk kesehatan dan merebut hak-hak mereka untuk mendapatkan pendidikan. Namun dalam isi film ini kita akan ditunjukkan bagaimaina usaha dari Malala untuk memperjuangkan haknya dan perempuan lainnya dalam mendapatkan pendidikan yang setara dengan pendidikan laki-laki. Pembentukan pesan-pesan dalam film ini sangat menarik untuk diamati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis wacana pesan pendidikan dalam film He Named Me Malala.
Dalam penulisan skripsi ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis wacana yang dikembangkan Teun Van Dijk. dengan menggunkan metode Van Dijk, penelitian wacana tidak hanya pada teks semata, tetapi juga bagaimana suatu teks diproduksi.
Hasil penelitian ini akan menunjukkan pesan pendidikan mana yang sesuai dengan indicator pesan yang meliputi ajaran agama islam, pendidikan pengetahuan dan pendidikan kewarganeraan dan pembangunan pembentukan karakter/kepribadian dalam mengatasi kebodohan dan kesenjangan pengetahuan.
Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Pesan Pendidikan, Malala, Film He Named Me Malala