Abstract:
ABSTRAK
Nur Milanisa, Ririn. 2021. Bentuk Penyajian Hadrah Al- Banjari Pada Kasidah Ya Sayyidi Ya Rasulallahi Khudz Biyadi Karya Sultan Abdul Hamid Khan II Yang Dibawakan Oleh Grup Fathurrosyad. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sendratasik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Pembimbing: (I) Sumasno Hadi, S.Pd., M.Phil (II) Novyandi Saputra, S.Pd., M.Sn
Kata Kunci : Bentuk Penyajian, Musik Hadrah Al-Banjari, Kasidah Ya Sayyidi Ya Rasulallahi Khudz Biyadi
Bentuk Penyajian Hadrah Al- Banjari pada Kasidah Ya Sayyidi Ya Rasulallahi Khudz Biyadi Oleh Grup Fathurrosyad merupakan salah satu kelompok yang mengangkat kesenian islam Hadrah Al-banjari di Martapura. Hadrah merupakan kesenian musik Islam yang ditampilkan dengan iringan- iringan rebana (alat perkusi) sambil melatunkan syair-syair serta pujian terhadap Nabi Muhammad SAW. Kasidah Ya Sayyidi Ya Rasulallahi Khudz Biyadi ini memiliki kepopuleran yang baik bukan hanya dikalimantan juga di seluruh dunia dan kasidah ini merupakan salah satu kasidah yang sering dibaca yang mana artinya kasidah ini memiliki bentuk penyajian musik yang bagus sehingga kepopulerannya mendunia dinegara muslim. Maka dari itu peneliti tertarik meneliti penyajian musik hadrah al-banjari kasidah ya sayyidi ya rasulallahi khudz biyadi karya sultan abdul hamid khan II. Bentuk penyajian Hadrah Al-Banjari pada Kasidah Ya Sayyidi Ya Rasulallahi Khudz Biyadi Oleh Grup Fathurrosyad berupa “ansambel campuran” yang terdiri dari vokal dan alat musik. Alat musik yang digunakan yaitu alat musik Rebana. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian adalah human instrument. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi guna menguji kebenaran data. Data yang didapat dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.