Abstract:
Adanya perubahan kurikulum yang berlaku dikarenakan wabah covid 19 yang membuat semua pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan). Selain itu guru juga harus mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang tepat agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar. Pembelajaran se cara daring semakin membuat guru dan siswa kesulitan dalam proses pembelajaran dikarenakan sulitnya sinyal pada beberapa daerah dan perlunya kuota yang lebih. Kondisi ini dialami oleh siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 1 Takisung yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah tahun ajaran 2020/2021. Dengan metode penelitian kualitatif yang di gunakan hasil penelitian ini menunjukkan ada dua faktor yang menyebakan kesulitan belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 1 Takisung pada mata pelajaran tersebut, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang di maksud adalah kesehatan, intelegensi dan kelelahan, sedangkan faktor eksternalnya adalah perhatian orangtua dan guru. Mengingat faktor dominan dari kedua faktor tersebut adalah guru maka guru harus memperbaiki cara mengajarnya dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, memberikan latihan-latihan soal dan membangun relasi yang baik dengan siswa.