Abstract:
Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini menuntut inovasi dan pemanfaatan teknologi secara optimal. Modul elektronik merupakan bahan ajar digital untuk membantu guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan modul elektronik dengan pendekatan kognitif yang bertujuan untuk mengetahui dan menguji kelayakan dari pengembangan modul elektronik materi hakikat bangsa dan negara. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebarluasan (dissiminate). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan angket. Uji validasi melibatkan 4 orang ahli terdiri dari 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media serta uji coba kepada 10 orang siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul elektronik materi hakikat bangsa dan negara dengan pendekatan kognitif ini mendapat predikat “sangat layak” dan dapat digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X Animasi di SMK Negeri 2 Banjarmasin.
Kata Kunci : pengembangan, modul elektronik, pendekatan kognitif.