Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan analisis dan literasi informasi terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP ULM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling dan diperoleh 141 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji Korelasi Kendall Tau-B dan uji Koefisien Konkordansi Kendall W karena data dalam penelitian ini tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan analisis mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi, (2) Literasi informasi mahasiswa termasuk dalam kategori sedang, (3) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan analisis dengan hasil belajar (? = 0,256; p < 0,05), (4) Terdapat hubungan yang positif antara literasi informasi dengan hasil belajar (? = 0,201; p < 0,05). Adapun hasil uji Koefisien Konkordansi Kendall W menunjukkan kekuatan hubungan sebasar 0,940 yang termasuk dalam kategori sangat kuat.