Abstract:
Tingkat kedisiplinan dan kecerdasan emosional peserta didik di SMPN 24 Banjarmasin tergolong kurang, sehingga sering kali peserta didik keliru dalammengendalikan diri dan memahamihal yang berpotensi mempengaruhi kedisiplinan belajarnya, serta kurang optimal dalam mengenali emosinya sendiri. Dengan memiliki tingkat kedisiplinan dan kecerdasan emosional yang baik maka peserta didik lebih maksimalatas pecapaian serta tujuan yang dikehendaki dan ditetapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran tingkat kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran PPKn, 2) Gambaran kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran PPKn, 3) Adakah hubungan antara tingkat kedisiplinan dan kecerdasan emosional peserta didik pada mata pelajaran PPKn.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 140 siswa dengan sampel yang digunakan berjumlah 103 responden. Penetapan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan table Krejcie dan Morgan, pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik kuesioner/angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis data menggunakan Product Moment pada taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tingkat kedisiplinan peserta didik menunjukkan nilai sebesar 26,2?lam kategori kurang. Kemudian untuk kecerdasan emosional peserta didik menunjukkan nilai sebesar 35,9?lam kategori kurang. Korelasi tingkat kedisiplinan dengan kecerdasan emosional peserta didik berdasarkanuji statistik menggunakan korelasiProduct Moment diperoleh nilai r hitung 0,801> r tabel 0,192 yang disesuaikan dengan tabel interprestasi nilai r maka besarnya nilai 0,801 ini masuk interval antara 0,80-1,000 yang mana berarti ada hubungan korelasi yang sangat kuat atau sangat tinggi.