Abstract:
ABSTRAK
PENGARUH SCHOOL ENGAGEMENT TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMAN BANUA
KALIMANTAN SELATAN BILINGUAL BOARDING SCHOOL
Nur Khofifah Rahman
Sekolah unggul menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia. Banyaknya tugas akademik, tingginya standar pendidikan, dan ketatnya persaingan siswa di sekolah unggul menjadi tantangan tersendiri bagi siswa. Dalam menghadapi tantangan tersebut, siswa perlu memiliki kemampuan untuk bertahan dan menyesuaikan diri yang disebut dengan resiliensi akademik. Salah satu faktor yang mendukung terbentuknya resiliensi akademik adalah school engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh school engagement terhadap resiliensi akademik siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMAN Banua Kalimantan Selatan, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas 10 dan 11 berjumlah 162 orang yang ditentukan dengan metode sampling jenuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana yang menggunakan alat ukur skala resiliensi akademik serta skala school engagement. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan SPSS versi 25, diketahui bahwa terdapat pengaruh school engagement terhadap resiliensi akademik siswa dengan nilai t hitung = 5,22 dengan nilai signifikansi 0,000. Koefisien determinasi menunjukkan pengaruh school engagement sebesar 14,7% sedangkan 85,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut serta diteliti pada penelitian ini.
Kata kunci: Resiliensi akademik, school engagement, sekolah unggul