Abstract:
Kesesuaian metode pembelajaran dan gaya belajar adalah hal penting untuk dikenali guna mencapai hasil belajar yang maksimal sehingga siswa lebih giat dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian adalah : (1) Mengetahui gaya belajar siswa asrama dan regular terhadap hasil belajar Geografi kelas X MA Muhammadiyah 2 Al Furqon Banjarmasin. (2) Menganalisis perbedaan gaya belajar siswa asrama dan reguler terhadap hasil belajar Geografi kelas X MA Muhammadiyah 2 Al Furqon Banjarmasin. Menggunakan pendekatan kuantitatif kausal komparatif rancangan kausal komparatif, subjek penelitian terdiri dari 31 siswa asrama dan 42 siswa reguler kelas X MA Muhammadiyah 2 Al Furqon Banjarmasin. Peneliti menggunakan instrumen angket gaya belajar dan dokumen dengan teknik pengumpulan data angket/kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase dan analisis Uji Two Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Gaya Belajar siswa asrama dan reguler kelas X MA Muhammadiyah 2 Al Furqon cenderung gaya belajar Auditorial dan Kinestetik (2) Tidak terdapat perbedaan gaya belajar siswa asrama dan reguler yang signifikan terhadap hasil belajar geografi. Hal ini dapat dilihat pada taraf signifikansi uji hipotesis gaya belajar siswa asrama dan reguler terhadap hasil belajar yakni 0,294 > 0,05.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar