Abstract:
Desty Amalia Maharani, 2022, Pengaruh Product Placement terhadap Brand Image Tehbotol Sosro dalam Film Dilan 1991 (Studi Kuantitatif Pada Penonton Film Dilan 1991 Usia 13 – 24 Tahun di Kota Banjarmasin) di bawah bimbingan Fahrianoor dan Lalita Hanief.
Product placement adalah salah satu opsi promosi yang penggunaanya mulai marak dilakukan oleh banyak pengiklan untuk meningkatkan efektivitas iklan dengan cara menyisipkan produk yang mereka tawarkan ke dalam sebuah media. Dilan 1991 merupakan salah satu contoh film yang di dalamnya terdapat beberapa penempatan produk dengan brand yang beragam, salah satunya adalah Tehbotol Sosro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh dari penempatan produk dalam film Dilan 1991 terhadap citra merek Tehbotol Sosro.
Pendekatan dan tipe yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian ekspalantif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 400 responden dari populasi 176.993 masyarakat Kota Banjarimasin yang berusia 13 – 24 tahun. Analisis regresi sederhana dan analisis deskriptif digunakan sebagai teknik analisis dalam penelitian yang dilakukan.
Hasil yang muncul menunjukkan bahwa product placement Tehbotol Sosro dalam film Dilan 1991 berpengaruh terhadap brand image. Nilai yang muncul dalam perhitungan koefisien determasi atau R Square adalah sebesar 12,8%, artinya pengaruh product placement Tehbotol Sosro terhadap brand image berada pada taraf sangat rendah.
Kata kunci: Product Placement, Brand Image, Tehbotol Sosro, Dilan 1991