Abstract:
ABSTRAK
Yanti, Noraliah Ratna (2022) Meningkatkan Aktivitas, Dan Hasil Belajar Siswa
Muatan IPS Menggunakan Model STRONG Di Kelas IV SDN Gambut 4
Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen
Pembimbing Fathul Jannah, M. Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model Student Teams Achievement
Divicion, Model Numbered Heart Together, Model Snowball Throwing.
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut
disebabkan pembelajaran masih bersifat konvesional, model pembelajaran tidak
bervariasi dan tidak menarik, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher
center) serta siswa masih sulit memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasi
permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran STRONG
dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas
guru menganalisis aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV
SDN Gambut 4 Banjar, yang berjumlah 7 orang siswa terdiri dari 3 orang siswa
laki-laki dan 4 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan
data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa
kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh
melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian
ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan
tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I
memperoleh skor 23 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan III
dengan skor 33 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I
mencapai 28,57?ngan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan III
menjadi 85,71?ngan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa pada
pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 57,14% meningkat pada pertemuan III
dengan ketuntasan klasikal 100,00%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model STRONG dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun
saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat
dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.