Abstract:
ABSTRAK
Helda Leni Aprilia, 1710414120012, 2022. Strategi Media Relations Hotel Grand Dafam Q Banjarbaru dalam Mempertahankan Citra pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Media Relations Hotel Grand Dafam Q Banjarbaru dalam Mempertahankan Citra ada Masa Pandemi Covid-19). Dibawah bimbingan Sarwani.
Tujuan dari penelitian ini untuk memahami tidak lain dari strategi media relations yang dilakukan oleh Hotel Grand Dafam Q Banjarbaru dalam mempertahankan citra pada masa pandemi Covid-19. Menggunakan teori Excellence dan teori Citra, penelitian ini membahas mengenai strategi media relations yang menggunakan prinsip-prinsip media relations.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denga tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel Grand Dafam Q Banjarbaru mampu membangun hubungan dengan media adalah dengan menjalankan prinsip- prinsip ; 1)Melayani pihak media (by servicing the media), melalui meng- entertaint pihak media saat berkunjung, memberikan berbagai jenis potongan harga, memfasilitasi kegiatan para awak media, melakukan media visit, hingga memberi hadiah kejutan serta ucapan pada hari besar media partner. 2)Mempertahankan nama baik demi kepercayaan (by stablishing a reputation for reliability) melalui cara mengemas informasi mengenai hotel baik dalam bentuk video maupun artikel. 3)Menyuplai naskah yang berkualitas (by supplying good copy) dengan konsisten dalam membuat dan menyerahkan rilis nya kepada awak media untuk dimuat media. 4) Kooperatif dalam penyediaan informasi (by cooperation in providing material) melalui disiplin dalam pembuatan rilis dan memudahkan jalan kawan media untuk mendapatkan informasi dari hotel termasuk dari petinggi-petinggi hotel. 5)Menyediakan fasilitas yang layak (by providing verification facilities) dengan mempersilahkan kawan media memakai fasilitas apapun yang ada dihotel hingga mem-back up kebutuhan awak media dalam hal peralatannya. 6) Menjalin hubungan secara individu dengan kawan media (by building personal relationship with the media) dengan melakukan pertemanan dan percakapan di aplikasi media sosial Whatsapp.
Kata Kunci: Strategi Hubungan Media, Hotel, Excellence