Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya problematika dalam penyusunan PPI pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di SDN Teluk Dalam 1 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui problematika sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dalam menyusun PPI, menilai kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus, mengembangkan tujuan pembelajaran, merancang metode dan prosedur pembelajaran dan menentukan alat evaluasi kemajuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah salah seorang guru pendamping yang menjabat sebagai koordinator inklusi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode dan triangulasi waktu. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa di sekolah tersebut masih sangat terkendala dalam penyusunan PPI yang disebabkan kurangnya pengetahuan terkait PPI, sehingga program pembelajaran individual di sekolah tersebut belum terealisasi dengan baik. Adapun problematika yang masih dialami sekolah tersebut dalam penyusunan PPI ialah: 1) dalam pembentukan tim PPI, 2) dalam menilai kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus, 3) dalam mengembangkan tujuan pembelajaran, 4) dalam merancang metode dan prosedur pembelajaran, dan 5) dalam evaluasi kemajuan pembelajaran.