Abstract:
ABSTRAK
Desy Fitria Rahmah, D1C114068, 2020. Pengaruh Jingle Iklan “Ayo Menabung” Dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Terhadap Minat Menabung Pada Generasi Milenial di Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh: Atika, S.IP., M.Si dan Achmad Bayu Chandrabuwono, S.Ikom., M.Ikom.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Jingle
Iklan “Ayo Menabung” dari Otoritas Jasa Keuangan terhadap Minat Menabung
Pada Generasi Milenial di Kota Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan penelitian mix methods dengan strategi metode campuran bertahap (sequential mixed methods) yaitu strategi eksplanatoris sekuensial. Subjek penelitian adalah Generasi Milenial di kota Banjarmasin dengan Populasi 291.491 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Pengukuran menggunakan teknik penentuan skor dan selanjutnya hasil wawancara dari triangulasi sumber yaitu 3 kelompok sumber yang berbeda.
Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan dari masing-masing indikator jingle iklan ayo menabung dari Otoritas Jasa Keuangan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Jingle Iklan Ayo Menabung terhadap Minat Menabung Generasi Milenial berpengaruh kuat sebanyak 81,3%. Akan tetapi ada beberapa factor yang menyebabkan pengaruh tersebut melemah, yaitu Generasi Milenial yang menonton jingle tersebut hanya 39%. Pada hasil penelitian kualititatif terdapat pernyataan bahwa Jingle Iklan kurang menarik bagi beberapa kelompok usia.
Kata kunci : Jingle Iklan, Genereasi Milenial, Minat Menabung, Mix Methods