Abstract:
Salah satu ilmu dasar yang memegang kontribusi bermakna atas kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada aktivitas sehari-hari adalah matematika. Matematika selaku ilmu dasar bagi seluruh macam dan tingkat pendidikan namun, matematika sering mengalami penolakan oleh peserta didik karena faktor dalam diri peserta didik yaitu memiliki anggapan bahwa pelajaran matematika sulit dipahami dan membosankan ataupun faktor dari luar yaitu metode pembelajaran yang dipakai kurang bervariasi dan bahan ajar yang kurang lengkap dan menarik. Salah satu solusi agar menanggulangi permasalahan tersebut adalah melalui pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis etnomatematika budaya Banjar. Penelitian ini memiliki tujuan agar menghasilkan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis etnomatematika budaya Banjar pada materi segiempat untuk siswa SMP/MTs yang valid dan praktis. Research and Development (R&D) adalah metode yang dipakai pada penelitian ini dengan model yang digunakan adalah model 4D yang dibatasi yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), dan pengembangan (Develop). Pada tahap pengembangan (Develop) dilakukan uji validitas dan uji kepraktisan. Uji validasi dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu satu ahli media dan dua ahli materi. Data yang didapat kemudian dianalsis secara kualitatif menurut kritik dan saran validator, dan secara kuantitatif yaitu skor yang diperoleh atas lembar validasi yang diisi oleh validator dan hasil lembar respon peserta didik. Hasil uji validitas terhadap media pembelajaran powerpoint interaktif yang dikembangkan dihasilkan skor rata-rata seluruh aspek sebesar 3,70 berada pada kriteria valid dan hasil uji kepraktisan terhadap media pembelajaran powerpoint interaktif yang dikembangkan diperoleh sebesar 89,2 % yaitu ada pada kriteria sangat praktis.