Abstract:
ABSTRAK
Arie Tri Saputra, 1810414310011, 2022. Pengaruh Brand Ambassador BTS Pada Iklan Tokopedia Terhadap Brand Awareness (Studi Pada Masyarakat Kota Banjarmasin Usia 18-25 Tahun). Dibawah bimbingan Achmad Bayu Chandrabuwono.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan brand
ambassador pada iklan tokopedia dalam menghadapi pesaing di katagori produk
sejenis. Penggunaan iklan dipilih oleh perusahaan dengan harapan dapat menyadarkan
dan membangun awareness masyarakat akan merek Tokopedia. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh brand ambassador pada iklan tokopedia
(X) terhadapat brand awareness (Y) pada masyarakat Kota Banjarmasin usia 18-25
Tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan tipe
penelitian asosiatif. Teknik pengambillan sampel dilakukan dengan metode purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 348 orang. Data dikumpulkan menggunakan
kuesioner online melalui Google Form yang sudah diuji validitas dan reliabilitas.
Analisis data mengggunakan regresi linier sederhana dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,05 dengan program SPSS 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara variabel Brand Ambassador BTS Pada Iklan Tokopedia (X) dengan
Brand Awareness (Y), dengan nilai R sebesar 0,563 atau 56,3%. Kemudian hasil
perhitungan koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,317 atau 31,7% hal ini
menunjukkan bahwa Brand Ambassador BTS Pada Tokopedia telah dinilai baik oleh
pelanggan, sehingga menimbulkan Brand awareness pada masyarakat di kota
Banjarmasin.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Brand Ambassador, BTS, Iklan Tokopedia, Brand Awareness