Abstract:
Gusti Radhina Sari. 1710414120010. 2021. Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram (Studi Pada Masyarakat di Kota Banjarmasin Usia 18-30 tahun ). Dibimbing oleh Yuanita Setyastuti dan Achmad Bayu Chandrabuwono
Bersosialisasi merupakan kegiatan yang tidak bisa lepas dari rutinitas sehari-hari manusia, dan bersosialisasi memerlukan komunikasi yang baik antara satu orang dengan yang lainnya sehingga menimbulkan interaksi dalam kehidupan manusia. Komunikasi merupakan proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, maupun masyarakat menciptakan dan mengisi informasi sehingga dapat terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kepuasan masyarakat dalam penggunaan media sosial Instagram di Kota Banjarmasin usia 18-30 tahun. Metode Penelitian Kuantitatif. Tipe Penelitian Deskriptif. sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 348 orang responden, dengan karakteristik memiliki Akun Instagram, aktif Menggunakan Media Sosia Instagram.
Berdasarkan hasil penelitian, dari 348 responden masyarakat Banjarmasin dengan usia 18-30 tahun yang menggunakan media social instagram menyatakan puas dalam penggunaan media social tersebut. Dari tujuh indikator dapat diambil rata-rata lebih dari 50% masyarakat merasa puas dengan penggunaan media social Instagram dan berdasarkan hasil data penelitian hasil keseluruhan kepuasan dapat diambil kesimpulan berada pada kategori tinggi.
Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Kepuasan Pengguna Sosial Media