Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektivitas pelayanan E-KTP program Pelanduk Cerdas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat Pelayanan E-KTP program Pelanduk Cerdas di Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil Kabupaten Tabalong.
Penelitian ini menggunakan metode Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, Observasi dan dukomentasi. informan kunci dalam penelitian ini tim jebol pelanduk cerdas, Aparat desa, dan masyarakat yang ikut program jebol pelanduk cerdas. Data yang berhasil dikumpulkan akan di analisis dengan menggunakan analysis interactive model dari miles dan huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Pelayanan jebol pelanduk cerdas untuk ketepatan sasaran program, Sosialisasi program dan tujuan program sudah tepat dan berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan program jebol pelanduk cerdas, Pemantauan masih kurang dilakukan sehingga kendala program ditempat-tempat yang rentan tidak terselesaikan ditempat pada waktu pelaksanaan jebol pelanduk cerdas, Oleh karena itu ada beberapa faktor dan dalam program pelayanan Jebol Pelanduk Cerdas yaitu Pelayanan tidak berkala, Percetakan tidak semua dapat dilakukan ditempat, Petugas jebol peladuk cerdas berbeda-beda kemudian ada beberapa desa untuk akses internet kurang memadai.
Hasil penelitian ini disarankan 1) Evaluasi perlu dilakukan untuk keberlanjutan program jebol pelanduk cerdas sehingga dapat diminimalisir bahkan tidak ada kesalahan lagi dalam pelayanan. sehingga pelayanan dapat terus berjalan lebih baik lagi. 2)Perlunya pemantauan karena untuk memberikan jaminan kepastian dan kendali mutu agar pelaksanaan program selalu berada pada aturan dan ketentuan program yang telah ditetapkan.