Abstract:
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat bisa dimanfaatkan dan diterapkan dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep gamifikasi pada media pembelajaran interaktif. Untuk menerapkannya diperlukan sejumlah elemen gamifikasi seperti experience point, level, challenges, leaderboard, achievement dan rewards. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Media pembelajaran interaktif ini menggunakan metode pembelajaran drill and practice. Penilaian kelayakan media interaktif menggunakan 3 kriteria kelayakan yaitu validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Validitas materi dan media dilakukan masing-masing oleh dua orang ahli. Hasil validitas materi dan media menunjukkan bahan ajar dan media sudah valid digunakan. Kemudian, data kepraktisan didapatkan dengan menggunakan lembar respon pengguna yang menunjukkan bahwa respon pengguna cendrung positif. Selanjutnya, efektivitas media dinilai dengan menggunakan uji coba one group pretest-posttest yang menunjukkan bahwa efektifitas media ini tinggi.