Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan anak autis yang mengalami kurangnya energi positif salah satunya perilaku tidak bisa duduk diam pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Musik BTS (Bangtan Boys) terhadap energi positif pada anak autis di SDN-SN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research), desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A1-B-A2 yang mana A1 merupakan fase baseline 1, B merupakan fase intervensi dan A2 merupakan fase baseline 2. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik autis yang bersekolah di sekolah dasar. Setting penelitian dilakukan di sekolah dan di rumah subjek. Sistem pencatatan data menggunakan observasi langsung dengan pencatatan data kejadian (durasi) yang dibantu oleh tiga pengamat serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan energi positif kearah yang lebih baik terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi baseline 1 (A2) mean level sebesar 100% hasil overlapnya dari A1 ke B adalah 0?n B ke A2 adalah 0%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap energi positif anak autis, maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya intervensi yang dilakukan peneliti menggunakan media musik dapat memberikan pengaruh energi positif pada anak autis.